Panduan Lengkap Cara Menggunakan WA Web  

Siapa yang tak kenal dengan WhatsApp? Ya, aplikasi yang juga dikenal dengan singkatan WA ini memang sudah menjadi salah satu layanan chatting terbesar di dunia. Tak hanya digunakan untuk sekedar mengobrol, layanan chat WA ini juga banyak dimanfaatkan untuk keperluan kerja. Lihat saja seperti orang-orang yang menggunakan WA Web.

Apa itu WA Web?

apa itu wa web

Seperti yang diketahui bahwa WhatsApp ini sudah diakuisisi oleh Meta atau yang dulunya bernama Facebook. Dikembangkan oleh developer terkemuka, layanan ini pun memiliki fitur unggulan yang bertujuan untuk memenuhi keinginan para pengguna layanannya. Salah satu dari fitur tersebut adalah, memungkinkan untuk mengakses chat dari perangkat lainnya, yaitu menggunakan WA Web.

WhatsApp Web merupakan suatu portal yang bisa diakses oleh pengguna agar dapat menggunakan WhatsApp dari perangkat lainnya, seperti laptop atau PC bahkan ponsel. Jadi, akses ke obrolan WA tak hanya bisa dilihat dari ponsel utama saja, tetapi juga dari perangkat lainnya. Terkini, akses dari perangkat lain pun tetap bisa dilakukan meskipun ponsel utama sedang tidak bisa diakses atau bahkan mati kehabisan daya sekalipun.

Karena berwujud sebagai suatu portal, artinya WA Web bisa dikunjungi dari perangkat apapun yang memenuhi syarat. Selain bisa diakses langsung dari browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Opera dan sebagainya, belakangan ini makin banyak developer yang membuat WhatsApp Web versi aplikasi mobile. Jadi, pengguna bisa mendownload semacam browser agent khusus di Google PlayStore untuk akses yang lebih mobile-friendly.

Meskipun akses WhatsApp Web ini didukung oleh pengembang resminya, namun Kamu tetap harus bijak menggunakannya. Apalagi jika chat-mu berisi obrolan yang bersifat pribadi atau penting. Kamu tidak bisa asal percaya kepada pengembang pihak ketiga yang kemungkinan bisa saja mengintip isi percakapan WhatsApp-mu. Oleh karena itu, kali ini kita tidak hanya akan membahas cara menggunakan WhatsApp Web saja, tetapi juga bagaimana tips agar WA Web-mu relatif lebih aman.

Baca Juga: WhatsApp Mod – Wa mod Terbaik

Cara Menggunakan WA Web di Laptop, Komputer dan Smartphone

cara menggunakan wa web

Ya, cara menggunakan WA Web saat ini memang sudah semakin beragam. Semua dibuat untuk memudahkan Kamu sebagai pengguna untuk mengoptimalkan WhatsApp Web itu sendiri. Seperti yang kita tahu bahwa akses chat dari banyak perangkat ini banyak memudahkan orang dalam melakukan komunikasi sesuai kebutuhan, seperti pengelola toko online, pekerja remote dan sebagainya.

Nah langsung saja, berikut ini beberapa pilihan cara untuk mengakses WA Web, yaitu menggunakan browser laptop/ PC, browser ponsel hingga aplikasi WhatsApp Web. 

1. Membuka WA Web di Laptop/ PC

  • Langkah pertama, Kamu bisa membuka aplikasi browser di komputer, entah itu Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Opera atau lainnya
  • (WhatsApp Web) kemudian tempel (paste) di address bar atau kolom pencarian lalu klik Enter
  • titik) di pojok kanan atas, lalu ketuk pada “Perangkat tertaut”

2. Membuka WA Web di Smartphone

Pada dasarnya, cara yang digunakan untuk akses WA Web dari ponsel ini tak jauh berbeda dari langkah-langkah di atas. Namun untuk lebih jelasnya, tak ada salahnya Kamu simak penjabarannya berikut ini:

  • Buka aplikasi browser di smartphone, bisa Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Microsoft Edge, Opera Browser, UC Browser, atau lainnya yang sudah terinstal sebelumnya. Lalu masuk ke pengaturan browser lalu cari Agen Pengguna/ User Agent dan pilih Desktop
  • Salin (copy) alamat ini https://web.whatsapp.com/ (WhatsApp Web) kemudian tempel (paste) di address bar atau kolom pencarian lalu klik Enter
  • Apabila tampilan utama WhatsApp Web sudah muncul, Kamu bisa melihat ada QR Code dengan gambar ikon WA di tengahnya
  • Selanjutnya, pindah ke ponsel utama yang Kamu instal WA lalu buka aplikasi WA
  • Ketuk pada ikon opsi (tiga titik) di pojok kanan atas, lalu ketuk pada “Perangkat tertaut”
  • Berikutnya, ketuk pada tombol TAUTKAN PERANGKAT untuk memunculkan scanner
  • Arahkan kamera ponselmu tersebut ke kode QR yang ditampilkan WhatsApp Web pada tampilan browser ponsel sebelumnya
  • Hanya butuh sepersekian detik (tergantung kualitas internet) maka kedua perangkat akan langsung memperlihatkan perkembangan prosesnya
  • Setelah terhubung, pada tampilan Perangkat tertaut di ponsel utama akan muncul keterangan bahwa Kamu terhubung ke WA Web melalui perangkat lainnya, misalnya Google Chrome. Sementara di ponsel satunya, Kamu akan langsung diarahkan ke tampilan WA versi Desktop Web yang dimuat dalam layar smartphone. Penggunaanya memang kurang nyaman, namun tetap layak untuk kondisi darurat.

Nah, menariknya Kamu juga bisa mencari aplikasi di Google PlayStore yang memungkinkan Kamu menggunakan WA Web dengan tampilan yang lebih bersahabat. Cara membuka WhatsApp Web melalui aplikasi resmi ini pun tak jauh berbeda dari cara yang sudah dijelaskan di atas. Artinya, untuk bisa menggunakan 1 akun WA di 2 ponsel tidaklah sulit.

Baca Juga: Bio WA Aesthetic Keren, Singkat, dan Unik

Tips Saat WA Web Tidak Bisa Dibuka

tips saat wa web tidak bisa di buka

Meskipun dikelola oleh perusahaan raksasa internet, nyatanya tetap saja penggunaan WhatsApp termasuk WA Web juga bisa bermasalah. Ada kalanya, pengguna tidak dapat mengakses obrolan baik dari ponsel utama, atau di portal seperti yang dijelaskan di atas. Lantas apa yang perlu dilakukan? 

1. Periksa Versi Aplikasi

Kamu bisa cek di PlayStore adakah versi terbaru dari WhatsApp dan browser yang digunakan untuk akses WhatsApp Web. Sebaiknya Kamu selalu pastikan menggunakan versi up-to-date untuk menghindari masalah seperti celah keamanan dan masalah kompatibilitas. Usahakan hanya menggunakan versi resmi dan terbaru.

Pastikan pula Kamu sudah menentukan akses yang sesuai, misalnya sudah bergabung ke Versi Beta atau tidak. Ini karena ada akses khusus yang bisa dinikmati oleh pengguna Beta Tester, misalnya menghubungkan beberapa perangkat sekaligus.  

2. Periksa Layanan WhatsApp

Meskuipun jarang terjadi, bukan berarti masalah ini tidak mungkin Kamu alami. Ya, tercatat sudah beberapa kali server layanan WA mengalami down. Kalau sudah begini, tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu dan sering-sering cek di website downdetector.com.  

3. Periksa Koneksi

Selain memastikan aplikasi WA dan browser dapat berjalan lancar, Kamu juga perlu memastikan bahwa koneksi internetmu berfungsi. Jadi, selain membersihkan cache dan cookie aplikasi, Kamu juga perlu melakukan tes koneksi internet. Pastikan pula Kamu tidak menggunakan layanan VPN yang memang tidak diperkenankan oleh pengembang WA.   

Akhir Kata

Itulah penjelasan tentang WA Web, lengkap dengan bagaimana cara menggunakannya serta apa saja yang bisa Kamu lakukan saat akses Kamu terganggu. Ingatlah untuk selalu menggunakan teknologi secara bijak, tak terkecuali akses WhatsApp Web ini. Hindari mengakses WA dari perangkat bersama atau rajin melakukan logout jika sesi WhatsApp Web selesai dan selalu periksa notifikasi tentang Perangkat tertaut untuk memastikan obrolan WA Kamu tetap aman dari akses tak bertanggung jawab.